Peduli Korban Gempa Donggala Tsunami Palu

Peduli Korban Gempa Donggala Tsunami Palu

mari bersinergi meringankan beban Korban Gempa Donggalan dan Tsunami Palu

  • Rp 1.000.000.000Target
  • -43Hari Tersisa
  • Rp 885.293.775Terkumpul
Donasi Sekarang

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa lebih dari 70.000 penduduk telah terlantar akibat beberapa gempa bumi pada 28 September 2018, dan sekitar 191.000 orang membutuhkan bantuan darurat.

Kabupaten Donggala, yang terletak 30 kilometer dari ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, menderita kerusakan paling parah akibat bencana tersebut.

Setelah terguncang oleh gempa, banyak desa pesisir Donggala hancur akibat tsunami. Warga terpaksa pindah ke tenda di perbukitan, sementara anak-anak dari desa-desa ini masih terlihat di jalan memohon makanan dan persediaan dari mobil yang lewat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) telah mengerahkan personel dari penjuru negeri untuk bergabung dengan pekerjaan bantuan di Donggala.

Listrik Donggala belum sepenuhnya pulih hingga Ahad lalu, sementara penduduk terdampak bencana mengandalkan pasokan dari pemerintah. Namun, persediaan langka, dan banyak yang kembali ke puing-puing untuk mengais-ngais barang-barang yang dapat digunakan.

Hingga hari ini tercatat sudah 1.948 yang ditemukan tewas, sementara yang masih hilang 843, dan BNPB memastikan proses pencarian dan evakuasi korban hilang akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, akan tetap dihentikan pada Kamis (11/10) mendatang.

BNPB mengatakan kepada pers bahwa misi pencarian dan penyelamatan akan berakhir pada Kamis besok karena alasan keamanan dan pencegahan epidemi. Mereka memperingatkan bahwa masih ada banyak tugas berat di depan dalam operasi bantuan sebelum penduduk yang terkena dampak dapat melanjutkan kehidupan normal mereka.

Salurkan donasi Anda untuk korban gempa melalui Solopeduli dengan cara:
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran

Hotline : 0857 2681 8000
Email : info@solopeduli.org
“Peduli Adalah Solusi”

Donasi Sekarang
  • Solopeduli Kembali Bantu Korban Gempa Tsunami Sulawesi Tengah

    Assalamu'alaikum wr wb

    Selamat pagi para dermawan.

    Solopeduli menambah lagi 2 posko bantuan di Palu Sulawesi Tengah pada Selasa (23/10/2018). Posko bantuan dibuka di Surumana No 35 Kota Palu Sulawesi Tengah dan di Sisingamangaraja No 8A Kota Palu Sulawesi Tengah. Posko bantuan tersebut dibuka untuk mempermudah distribusi bantuan dan mengakses wilayah yang belum tersentuh bantuan bagi para korban gempa tsunami di Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah.

    Pada hari yang sama Solopeduli mengadakan trauma healing untuk anak-anak dan mendistribusikan 100 paket bantuan sembako di Dusun Uwentumbu Rt 03/01 Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah.

    Kelurahan Kawatuna adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Petobo (yang terkena dampak liquifaksi) sehingga banyak korban yang kemudian tinggal bersama keluarganya yang di Kawatuna. Selama ini distribusi bantuan biasanya hanya ke posko-posko yang ada di lapangan. Sementara yang masih bertahan dengan membuat tenda disekitar rumahnya terkadang tidak mendapat bantuan. Banyak diantara penerima sembako tersebut rumahnya rusak berat akibat bencana.

    Tim Sigab Solopeduli juga mewujudkan program sanitasi dengan penyaluran tandon air di desa Poi dan Sibalay Utara, Dolo selatan, Kabupaten Sigi, Sulteng, Kamis (25/10). Selain itu, Solopeduli mendirikan 2 hunian sementara (huntara) di Palu

    Program ini akan terus berjalan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kami ucapkan terimakasih atas donasi yang telah di salurkan melalui Solopeduli. Mohon bantu share informasi campaign ini demi kesuksesan dan kelancaran program

    Informasi : 0857-2681-8000

  • Solopeduli Berikan Layanan Dapur Umum Dan Medis Untuk Korban Gempa Tsunami Sulawesi Tengah

    Assalamu'alaikum wr wb

    Selamat pagi para dermawan.

    Berkaitan dengan program ini, Solopeduli telah mengirimkan sejumlah 10 relawan sejak tanggal 30 September 2018.

    Berikut agenda yang sudah dilaksanakan oleh relawan Solopeduli

    - Tanggal 1 – 2 Oktober : Membantu evakuasi korban

    - Tanggal  3 - 4 Oktober : bersama TNI membantu distribusi bantuan logistik

    - Tanggal 5- 6 Oktober : Pengadaan dapur umum dan layanan pengobatan

    Direktur Program Solopeduli yang saat ini berada di Palu, Wahyu Wahnuri menyampaikan kondisi para korban di posko masih trauma. ”Para korban masih dalam kondisi was-was dengan suara-suara keras dan goncangan. Saat ini yang sangat dibutuhkan para korban selain makanan dan air mineral adalah layanan kesehatan dan psiko sosial serta pendampingan dari para relawan,”terang Wahyu

    Solopeduli juga mendirikan Posko yang berada di SDIT Al Fahmi, Jln. Gelatik, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. Sekitar 10 menit dari Bandara Palu. Posko ini menampung kurang lebih 79 keluarga (103 orang)

    Program ini akan terus berjalan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kami ucapkan terimakasih atas donasi yang telah di salurkan melalui Solopeduli. Mohon bantu share informasi campaign ini demi kesuksesan dan kelancaran program

    Informasi : 0857-2681-8000

Hamba Allah

  • Rp 500.012

  • 16 Oktober 2018

Semoga segera pulih

Vinni Augusti

  • Rp 100.010

  • 13 Oktober 2018

Bencana merupakan kehendak Allah..percayalah ada hikmah dibalik itu semua

Hamba Allah

  • Rp 50.006

  • 01 Oktober 2018

semoga bermanfaat

Solopeduli

  • Rp 884.643.747

  • Donasi Offline