Beasiswa Tahfidz Untuk Yatim Dhuafa Penghafal Al Quran

Beasiswa Tahfidz Untuk Yatim Dhuafa Penghafal Al Quran

Sedekah Subuh Setiap Hari Untuk Para Santri Yatim Dhuafa Penghafal Al Quran

  • Rp 2.000.000.000Target
  • 43Hari Tersisa
  • Rp 1.144.035.829Terkumpul
Donasi Sekarang
Dipublikasi pada tanggal : 22 Aug 2023

Malaikat akan doakan anda setiap subuh !

Masalah pendidikan di Indonesia memang sangat kompleks, mulai dari sarana dan prasarana yang belum memadai, masih belum terjangkaunya biaya pendidikan oleh keluarga dhuafa, dan anak-anak yatim di daerah terpencil.

Dengan permasalahan tersebut, Solopeduli berupaya memberikan solusi dengan memberikan beasiswa tahfidz untuk para santri penghafal al-Qur’an, dan memberikan mereka tempat tinggal di pondok Pesantren Gratis Solopeduli.

Solopeduli mengajak teman-teman sekalian untuk menjadi #JembatanKebaikan melalui Gerakan Sedekah Subuh dan memberikan kepedulian kepada santri yatim dan dhuafa untuk memberikan mereka kesempatan dengan memberikan beasiswa tahfidz kepada para santri penghafal Al-Qur’an.

Waktu subuh merupakan waktu waktu yang istimewa untuk kita bersedekah. Keutamaan sedekah pada waktu subuh akan di doakan oleh 2 malaikat. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut:

“Tidak ada satu subuhpun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali kepada mereka dua Malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa; Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak; sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari & Muslim)

Mari rutinkan sedekah Subuh, waktu mustajab malaikat memberikan doa kebaikan untuk kita semua. Melalui Gerakan Sedekah Subuh, Mari bersama peduli santri Indonesia dengan memberikan Beasiswa Untuk Santri Yatim dan Dhuafa Penghafal Al-Qur’an.

Yuk, Berdayakan Santri Yatim dan Dhuafa Penghafal Al-Qur'an

1) Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2) Masukkan nominal donasi
3) Pilih metode pembayaran (BCA/Mandiri/BRI/BSM/CIMB Niaga Syariah/BNI Syariah/GOPAY/OVO/DANA/LinkAja/QRIS)
4) Transfer sesuai intruksi yang muncul.

Dukung program Beasiswa Tahfidz Untuk Yatim Dhuafa Penghafal Al-Qur'an dengan membagikan program kebaikan ini kepada keluarga, teman, sahabat, dan kerabat.

Klik SHARE KE FACEBOOK atau SHARE KE WHATSAPP.

Info lebih lanjut bisa menghubungi admin kami (0857 2681 8000) Rohmah

Jazakumullah khairan katsiran
Salam,
Solopeduli
--------------------

*Dana akan digunakan untuk pengembangan dan kemaslahatan pesantren gratis Solopeduli
*Dana Terkumpul juga akan digunakan untuk biaya pendidikan anak dhuafa binaan Solopeduli

Donasi Sekarang
  • Serunya Rihlah Maal Quran Ponpes Baiturrahmah: Memupuk Kebersamaan Dan Keimanan

    Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli menyelenggarakan acara Rihlah Ma'al Qur'an dengan tema "Dekat dengan Alam, Bersahabat dengan Al-Quran" di Ekowisata Kalitalang, Sambangrejo, Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, pada Sabtu hingga Ahad, (8-9/06/2024).

    dok.humas: Kegiatan pagi santri bersama Sidik Anshori


    Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kelas 7 hingga 9, didampingi oleh para musyrif dan ustaz. Sidik Anshori, S.Sos.I, selaku pembina Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli sekaligus Direktur Utama Solopeduli, turut hadir dalam acara tersebut.

    Banyak kegiatan seru yang dilakukan oleh ppara santri dan para ustaz ketika rihlah, antara lain qur'anic camp, tadabbur alam, long march, berenang, fun games, halaqah Al-Qur'an, dan barbeque time.

    “Kami banyak mendapatkan pelajaran mengenai ayat-ayat kauniyah, arti makna keluarga di pesantren, kekompakan, solidaritas, dan sportivitas,” ujar Muhammad Nur Wahid Sanjaya, Ketua Organisasi Santri Baiturrahmah (Osbara) dalam wawancaranya setelah melaksanakan kegiatan rihlah ini.

    Selain itu, para santri juga diajak untuk peduli terhadap lingkungan dan makhluk ciptaan Allah lainnya, serta memahami tanggung jawab manusia sebagai Khalifah di bumi. Acara ini, menurut Muhammad Nur, juga sebagai ajang untuk mempererat ikatan antara ustaz dengan santri, serta antara kakak kelas dan adik kelas.

    “Diharapkan acara ini dapat mempererat hubungan dan menambah rasa kepedulian, kekeluargaan, serta kecintaan terhadap seluruh ciptaan Allah dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” pesan Sanjaya kepada teman-temannya.

    Kepada adik-adik kelas, Sanjaya berharap acara ini dapat menambah wawasan dan pemahaman mereka tentang cara menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, serta menghargai setiap perbedaan yang ada di sekitar mereka. 

    Ia juga berharap kegiatan seperti ini terus diadakan setiap tahun dan setiap generasi, dengan tetap menanamkan nilai-nilai keislaman, kepemimpinan, kepribadian, serta cinta terhadap seluruh ciptaan Allah, sesuai dengan adab dan akhlak Islami yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadits nabi Muhammad SAW.

    Sidik Anshori ketika menyampaikan materi, ia mengajak semua peserta untuk mengambil pelajaran dari Uwais al-Qarni yang berjuang naik turun bukit dengan menggendong anak sapi demi menghajikan ibunya, hingga dimuliakan di langit. Sidik menekankan pentingnya berjuang demi agama Islam dan mengajak para santri merenungkan apa yang telah mereka perjuangkan untuk agama ini.

    Acara Rihlah Ma'al Qur'an ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap akhir semester kedua. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan refreshing bagi para santri, mempererat tali persaudaraan antara santri dan para asatidz, serta memberikan suasana baru dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an di alam terbuka. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana bagi santri untuk mentadaburi ciptaan Allah.(snk)

    dok.humas: para santri yang naik truk ke lokasi rihlah

    dok.humas: serunya games oleh para santri

    dok.humas: keseruan makan bersama para santri di alam terbuka

    dok.humas: kegiatan rihlah ketika malam hari

  • Ponpes Baiturrahmah 2 Solopeduli Sukses Adakan Ujian Dirosah

    Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Baiturrahmah 2 Solopeduli sukses melaksanakan Ujian Dirosah di Musala Asrama Ponpes Baiturrahmah 2 Ikhwan dan Akhwat, Surakarta, pada Kamis, (23/05/2024).

    dok.humas: kegiatan ujian dirosah di ponpes baiturrahmah 2 solopeduli, ikhawan

    Ujian Dirosah ini dilaksanakan untuk para santri dari kelas X dan XI ikhawan dan akhwat yang telah menyelesaikan dirosah pada semester ini.

    Sebanyak 120 santri Ponpes Baiturrahmah ini mengikuti ujian dirosah dengan penuh khitmad dan serius di masing-masing asrama.

    “Alhamdulillah kegiatan Ujian Dirosah hari ini berjalan dengan lancar. Kegiatan Ujian Dirosah ini diadakan untuk menguji kemampuan pengetahuan mengingat para santri dalam pelajaran yang telah diberikan di asrama,” tutur Ustadz Heri, selaku Musyrif Ponpes Baiturrahmah 2 Solopeduli.

    Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh musyrif/ah tiap asrama lalu peserta ujian mulai mengerjakan soal yang telah disediakan oleh pihak musyrif/ah dalam bentuk online (google form).

    Santri dan santriwati melaksanakan ujian dengan baik dan lancar. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memotivasi para santri untuk menjaga & meningkatkan pemahaman tentang pelajaran yang telah dipelajari.(snk)

  • Ujian Tahfidz Pondok Pesantren Baiturrahmah 2 Solopeduli Akhwat

    Pondok Pesantren (Ponpes) Baiturrahmah 2 Solopeduli Akhwat rutin mengadakan Ujian Tahfidz di setiap bulannya. Bulan Mei ini, Ujian Tahfidz dilaksanakan selama 5 hari pada Sabtu-Rabu (18-22/05/2024) bertempat di Musala Asrama Ponpes Baiturrahmah 2 Solopeduli, usai Salat Isya. 

    dok.humas: pelaksanaan ujian tahfidz di Ponpes Baiturrahmah 2 Solopeduli

    Alhamdulillah, kegiatan Ujian Tahfidz yang berlangsung hari ini berjalan dengan lancar.

    "Ujian Tahfidz ini diadakan untuk menguji kekuatan hafalan para santri agar sebelum melanjutkan ke juz berikutnya, hafalan sebelumnya sudah terjaga dengan baik," tutur Ustazah Nafi'ah, selaku Musyrifah.

    Ujian Tahfidz ini rutin dilaksanakan untuk para santri kelas X dan XI, sejumlah 60 santri, yang telah menyetorkan hafalannya. 

    Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh musyrifah masing-masing. Setelah itu, para peserta ujian mulai menjawab ayat yang dibacakan oleh penguji dan beberapa soal yang berkaitan dengan ilmu tajwid.

    Para peserta melaksanakan ujiannya dengan baik dan lancar. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, para santri semakin termotivasi untuk menjaga dan meningkatkan hafalannya agar lebih berkembang lagi.(snk)

  • Halal Bihalal Solopeduli Dan Wisuda Tahfidz 2024

    SOLOPEDULI sukses menyelenggarakan acara Halal Bihalal dan Wisuda Tahfidz 2024 pada hari Ahad (05/05/2024). Seperti dalam gelaran Halal Bihalal tahun lalu, SOLOPEDULI kembali menggelar acara Wisuda Tahfidz yang menjadi momen penting bagi para wisudawan untuk menunjukan prestasi mereka dalam menghafal Al-Qur'an.

    dok.humas: momen pemakaian samir oleh Supomo, S.S

    Acara yang diselenggarakan di Hotel Al-Ahzar Azhima, Boyolali ini, turut mengundang sejumlah tamu penting SOLOPEDULI, yakni dewan pembina, dewan syariah, dewan pengawas, orang tua asuh (OTA), duta, donatur, orang tua/ wali wisudawan, seluruh karyawan SOLOPEDULI, mitra SOLOPEDULI, dan pimpinan perwakilan jejaring SOLOPEDULI.

    Kehadiran Ustaz Dr. H. Musta'in Ahmad, S.M., M.H selaku Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Wilayah Jawa Tengah yang menjadi pembicara utama turut menjadi penghangat acara. 

    Acara dimulai dengan meriahnya penampilan hadrah dari siswa SMK IT Smart Informatika (SMK ITSI), dilanjutkan dengan pembukaan acara yang dipandu oleh MC Nanang Munawar, mengawali rangkaian acara dengan penuh semangat dan khidmat.

    Momen dilanjutkan dengan kirab wisudawan yang memasuki ballroom utama, dipimpin oleh Sutono, Manajer Pendidikan Solopeduli, Ustaz Naufal, dan Ustaz Aji. Sebanyak 56 wisudawan dan wisudawati tahfidz yang mendapatkan beasiswa pendidikan dari tingkat perguruan tinggi, SMK, dan SMP menjadi peserta kirab tersebut. Mereka berbaris rapi dan mengenakan seragam gamis putih, sehingga menambah kesan sakral dan khidmat.

    Rangkaian acara terus berlanjut dengan tilawah yang dipandu oleh Fuad, salah satu wisudawan terbaik yang telah tahfidz 30 juz, diikuti 10 wisudawan lainnya di atas panggung. Kekhusyukan dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an menggema di antara para hadirin. 

    Suasana semarak tercipta ketika lagu-lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Solopeduli yang dinyanyikan bersama, menciptakan kebersamaan yang mendalam di antara peserta.

    Momen ikrar Halal Bihalal yang disampaikan oleh Sutono yang juga sebagai Ketua Panitia, dengan menggunakan Bahasa Krama, menegaskan komitmen SOLOPEDULI dalam menjalankan amanah yang telah dipercayakan kepada mereka. Sambutan dari Direktur Utama Solopeduli, Sidik Anshori, S.Sos.I, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberlangsungan program-program SOLOPEDULI.

    "Awal Maret, laporan keuangan dalam 1 tahun sudah diaudit (ke-14, oleh akuntan publik) dengan hasil wajar tanpa pengecualian. Secara syariah sudah punya nilai yang baik. Kami mohon doa kepada bapak ibu agar Solopeduli tetap istiqomah menjalankan amanah dari bapak ibu," tegas beliau.

    Puncak acara terjadi ketika prosesi wisuda, di mana seluruh wisudawan dan wisudawati dipanggil untuk maju ke depan satu-persatu untuk menerima samir yang diberikan oleh Supomo, S.S selaku Pembina SOLOPEDULI dan sertifikat penghargaan yang diberikan oleh Sidik. Ini menjadi bukti atas keberhasilan mereka dalam menghafal Al-Qur'an. 

    Tak hanya itu, para penerima penghargaan wisudawan terbaik dari berbagai kategori juga diumumkan. Penghargaan terbaik diberikan oleh Drs. Erie Sudewo, Ketua Dewan Pegawas Solopeduli kepada Fuad dan Yusuf dari penerima beasiswa Pondok Pesatren Baiturrahmah Solopeduli (jenjang SMP), sebagai hafidz Qur’an 30 Juz. Hal ini menjadi inspirasi bagi yang lain untuk terus berjuang dalam menggapai prestasi untuk terus menghafal Qur’an.

    Persembahan kepada seluruh tamu undangan diucapkan oleh Joko, penerima beasiswa dari perguruan tinggi, dan diikuti oleh seluruh wisudawan dan wisudawati, di atas panggung. Persembahan ini diucapkan sebagai bentuk rasa terima kasih mereka karena dukungan moral dan material yang telah diberikan hingga kini mereka bisa menjadi hafidz dan hafidzah.

    Momen haru yang membuat seluruh hadirin menangis terjadi ketika wisudawan dan wisudawati diberikan waktu untuk menghampiri kursi orang tua/ wali satu per satu untuk memakaikan mahkota kehormatan kepada orang tua/ wali. Mereka memeluk anak-anaknya dan menangis haru, sebagai rasa bangga ketika anak-anaknya mampu menghadiahkan mahkota kebanggaan sebagai wisudawan tahfidz. Hal ini menjadi kebanggan tersendiri untuk para wisudawan.

    (“Barang siapa yang menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada Hari Kiamat. Sabda Rosulullah)

    Sidik Anshori memberikan harapan bahwa SOLOPEDULI akan terus mengawal perjalanan para penghafal Al-Qur'an untuk meraih kesuksesan di masa depan, Insyaallah baik itu di dunia pendidikan dan karir.

    Tidak lupa pula, MC juga mendatangi kursi para hadirin untuk melakukan wawancara langsung mengenai wisuda tahfidz yang tengah berlangsung. Perasaan bangga dan terharu ini datang dari Tyas, salah seorang Orang Tua Asuh asal Colomadu, Karanganyar; Andi, karyawan SOLOPEDULI di Klaten; dan Ustadz Naufal selaku asatidz yang mendampingi para siswa di SMK IT Smart Informatika SOLOPEDULI.

    "Alhamdulillah, Al-Qur’an adalah nikmat terbesar untuk umat Islam. Semoga Al-Qur’an ini bukan hanya sebatas dihafal, tapi juga diterapkan dan dapat menjadi penolong maupun pedoman kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari," tutur Ustaz Naufal saat diwawancarai oleh Nanang Munawar selaku MC.

    Dalam tausiyah yang disampaikan oleh Ustaz Musta’in Ahmad, beliau mengajak semua pihak untuk terus menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup yang menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang terhormat dan bermartabat.

    "Beruntunglah orang yang sudah punya 3 celengan: amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholih. Kalau kau belum sempurna, ini adalah dunia. Karena rahmat Allah SWT, semua hal bisa terjadi, tidak ada yang mustahil," ujar beliau dalam tausiyahnya.

    Acara ditutup dengan foto bersama oleh seluruh wisudawan dan tamu undangan. Semoga gelaran Halal Bihalal Solopeduli dan Wisuda Tahfidz 2024 ini menjadi momen bersejarah dari perjalanan yang penuh berkah bagi para wisudawan dan wisudawati serta menjadi inspirasi bagi yang lain untuk mengikuti langkah kebaikan yang telah dicapai.

    dok.humas: Pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Fuad dan Wisudawan

    dok.humas: momen penyerahan sertifikat tahfidz oleh Sidik Anshori, S.Sos.I

    dok.humas: Penyerahan penghargaan terbaik oleh Drs. Erie Sudewo

    dok.humas: Sambutan Sidik Anshori, S.Sos.I

    dok.humas: Persembahan yang diucapkan oleh Joko, diikuti wisudawan lainnya

    dok.humas: Momen haru ketika wisudawan memakaikan mahkota ke orang tua/ wali

    dok.humas: Wawancara di panggung kepada orang tua Fuad, wisudawan terbaik

    dok.humas: Ustadz Mustain Ahmad menyampaikan tausiyah dan doa

    dok.humas: Foto bersama dengan para wisudawan terbaik

    dok.humas: Foto bersama para pimpinan dengan wisudawan

  • Berbagi Takjil Bukber Perdana Untuk Anak-Anak Penghafal Qur’an Ponpes Baiturrahmah

    SOLOPEDULI membagikan paket takjil buka bersama sebanyak 60 paket, kepada para santri di Pondok Pesantren (ponpes) Baiturrahmah Solopeduli, pada puasa pertama di hari Selasa, 12 Maret 2024. Mereka menyambut dengan bahagia ketika mendapatkan takjil untuk buka bersama (bukber). 

    (dok.humas: anak-anak ponpes mendapaatkan takjil buka puasa)

    Ramadan 1445 Hijriyah di tahun ini menjadi momen spesial untuk SOLOPEDULI karena berhasil membagikan paket takjil untuk berbuka kepada anak-anak di pondok pesantren penghafal Al-Qur’an ini.

    Dengan antusias, anak-anak menerima paket berbuka yang dibagikan oleh relawan SOLOPEDULI, dengan berbaris rapi. Anak-anak juga menjalankan kebiasaan untuk dzikir petang dan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu sebelum berbuka puasa. Ketika adzan maghrib berkumandang, mereka menyantap takjil buka puasa bersama-sama di Masjid Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli.

    (dok.humas: suasana menyantap takjil buka bersama di ponpes)

    Para santri sangat bersyukur karena di bulan Ramadan dan puasa pertama, mereka saling berkumpul satu sama lain dan bisa menjalankan berbuka bersama. Di tahun-tahun sebelumnya mereka juga berbuka bersama, akan tetapi kali ini berbeda, berbuka di puasa pertama kali ini mereka ditemani oleh Manajer Pendidikan Solopeduli, Sutono, S.Pd.T, dan Pimpinan Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli, Muhammad Jarwaji, serta ditemani oleh seluruh musyrif yang ada di ponpes.

    Selain itu, mereka juga ditemani dengan kedatangan kakak-kakak relawan SOLOPEDULI yang membantu membagikan keceriaan dan kebahagiaan di berbuka puasa pertama kali ini.

    Salah satu relawan yang datang, Ghoni Ilmi, turut terharu karena ini kali pertamanya bisa menemani dan membagikan paket berbuka kepada anak-anak penghafal Al-Quran di Ponpes Baiturrahmah Solopeduli.

    “Saya merasa terharu, mereka adalah anak-anak yang luar biasa, sehingga dengan membagikan paket takjil untuk berbuka ini Insya Allah Ramadan kita akan lebih berkah,” ujar Ghoni.

    Hal ini sesuai dengan firman Allah yang terdapat dalam hadist berikut: 

    “Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192. At Tirmidzi).

    Memberi takjil berbuka puasa untuk anak-anak penghafal al-Quran Insya Allah akan lebih berpahala kebaikan lebih banyak di sisi Allah SWT. Sebagian anak-anak di Ponpes Baiturrahmah Solopeduli ini juga merupakan anak-anak yatim/piatu, sehingga memberikan takjil untuk berbuka kepada mereka akan menambah keberkahan dan pahala yang berkualitas Insya Allah. SOLOPEDULI akan terus berkomitmen memberikan yang terbaik, dari umat untuk umat. 

  • Kebahagiaan Sahur Pertama Di Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli

    Suasana penuh keceriaan dan kehangatan meliputi Pondok Pesantren (Ponpes) Baiturrahmah Solopeduli Klaten saat puluhan santri merayakan sahur bersama dalam agenda sahur hari pertama Ramadan 1445 Hijriyah. SOLOPEDULI memberikan 60 paket sahur kepada anak-anak pondok pesantren pada hari pertama puasa, yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

     

    (dok.humas: penyaluran paket sahur kepada para santri Ponpes Baiturrahmah SOLOPEDULI)

    Dalam nuansa Ramadan yang sarat berkah, para santri berkumpul di Masjid Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli untuk memulai sahur bersama. Sebelum menikmati hidangan lezat, mereka melaksanakan kebiasaan yang telah menjadi kewajiban pondok yaitu sholat sunnah tahajud dan membaca Al-Quran bersama-sama. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi harian, termasuk saat puasa senin dan kamis di pondok pesantren.

     

    Manajer Pendidikan Solopeduli, Sutono, S.Pd.T., turut hadir, ditemani oleh Pimpinan Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli, Ustaz Muhammad Jarwaji dan para musyrif pondok pesantren. Momen sahur pertama ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran mereka yang memberikan semangat kebersamaan.

     

    “Kami sangat senang bisa menemani sahur pertama anak-anak, ini momen sahur yang tidak setiap bulan dilakukan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada donatur SOLOPEDULI, Insyaallah sedekah yang donatur berikan menambah pahala kebaikan karena telah sampai ke anak-anak penghafal quran Ponpes Baiturrahmah ini,” ujar Sutono.

     

    Anak-anak pondok pesantren, yang sudah akrab dengan tata tertib kehidupan di sana, dengan antusias dan tertib mengambil bagian makanan mereka dalam pembagian paket sahur hari pertama puasa ini. Mereka menikmati hidangan secara berbaris rapi di dalam masjid, menciptakan suasana yang penuh kegembiraan.

    (dok.humas: santri duduk rapi menyantap makanan sahur)

    Wajah-wajah para santri bersinar ceria, dipenuhi antusiasme menyambut sahur pertama di bulan Ramadan ini. Persiapan mereka untuk mengisi bulan suci ini telah tercermin dalam rutinitas harian di pondok pesantren. Kebersamaan dan semangat para santri menciptakan momen berharga yang memancarkan kehangatan dalam menyambut Ramadan.

  • Santri Baiturrahmah: Kesenangan Dan Pembelajaran Melalui Kompetisi Merangkum Film Inspiratif

    Santri Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli tengah merasakan kesan mendalam saat menonton bersama film "Muhammad: The Messenger of God". Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Isra Miraj pada Kamis, 08 Februari 2024.

    (dok.humas: santri ponpes menonton film Muhammad: The Messenger of God)

    Antusiasme para santri begitu tinggi dalam menyaksikan kisah Rasulullah Muhammad SAW. Mereka menikmati momen ini, menganggapnya sebagai bentuk penghormatan pada hari Isra Miraj, sambil mengambil ibroh dari kehidupan Rasulullah sebagai inspirasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat positif pada hari libur santri.

    (dok.humas: Ustaz Joko yang menjelaskan hikmah dari film)

    Ustaz Joko, menjelaskan hikmah yang dapat dipetik dari film tersebut, memberikan pemahaman mendalam kepada para santri. Setelah menonton, para santri diberi tugas untuk merangkum isi film.

    (dok.humas: 6 santri terbaik yang mendapatkan juara merangkum fil terbaik)

    Dari banyaknya santri yang mengumpulkan rangkuman, dipilih 6 juara terbaik yang diberikan hadiah. Juara diambil 2 terbaik di setiap angkatan. Priko Fajar Hidayah, seorang santri kelas 9, memenangkan lomba merangkum film dan diakui sebagai santri dengan rangkuman terbaik.

    (dok.humas: Priko Fajar Hidayah (kiri), Ustaz Joko (kanan))

    Dalam surat tugasnya, Priko Fajar Hidayah menyampaikan kesan mendalam, mengungkapkan bahwa acara tersebut menyenangkan dan mendidik, terutama melalui kompetisi merangkum yang dapat melatih keterampilan menulis. Dia juga menyoroti kebermanfaatan kegiatan ini, menghindarkan mereka dari kegiatan yang tidak produktif di waktu luang.

    "Saya berharap agar acara semacam ini dapat terus dipertahankan dan dilaksanakan pada momentum-momentum tertentu, sehingga mampu memunculkan santri-santri berpotensi," tutur Priko.

     

  • SOLOPEDULI Berangkatkan 2 Santri Ke Mesir

    SOLOPEDULI memberangkatkan dua orang santri untuk kuliah di Al-Ahzar, Kairo, Mesir, dalam Program Beasiswa Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diberikan kepada Taufik Hidayah (21) dan Alif Sotya Nugraha (21). Agenda penandatangan MoU atau nota perjanjian dengan menghadirkan kedua belah pihak, yaitu pihak kedua penerima beasiswa dan juga pihak pertama SOLOPEDULI oleh Direktur Utama Solopeduli, Sidik Anshori, S.Sos.I. 

    (dok.humas: Dua penerima beasiswa pendidikan ke Mesir, Alif (kanan), Taufik (kiri))

    Agenda ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Pusat Solopeduli pada hari Kamis, (01/01/2024). Penandatangan MoU Beasiswa Pendidikan ke Mesir ini juga turut dihadiri oleh Manager Pendidikan Solopeduli, Sutono. 

    Setelah dilaksanakan penandatangan MoU, kedua penerima beasiswa ini diberikan pengarahan oleh Sidik Anshori, S.Sos.I., dan pengarahan dari Pembina Yayasan Solopeduli Ummat, Supomo, S.S. 

    Dalam pesannya kepada kedua penerima beasiswa, Sidik menyampaikan, “Semoga kalian dapat menjadi ulama ternama, SOLOPEDULI juga bisa mencetak ulama ternama, bukan yang diagungkan tapi mampu membuktikan bahwa zakat, infaq, sedakah ternyata nantinya bisa mencetak ulama yang bermanfaat bagi umat”

    Beliau juga menyampaikan harapannya, semoga Alif dan Taufik dapat totalitas dan benar-benar berniat untuk mencari ilmu.

    Taufik dan Alif juga mendapatkan pesan dari Supomo, S.S. Dalam pesannya, Supomo menyampaikan, “Dengan adanya beasiswa pendidikan ke Mesir dari SOLOPEDULI ini, kalian harus bisa memiliki profil dan menjadi role model untuk ummat ke depannya. Seperti tokoh-tokoh dan para ulama yang sekarang ada di Indonesia yang sudah menjadi role model kita bersama, seperti UAS atau UAD. Semoga kalian juga dapat menjadi seperti mereka.”

    (dok.humas: pesan dari Supomo, S.S)

    Mereka adalah dua anak yang dulu juga mendapatkan beasiswa pendidikan Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli. Dan ini kali pertama SOLOPEDULI memberangkatkan santri penerima beasiswa ke Universitas Al-Ahzar, Kairo, Mesir.

    Dalam wawancaranya dengan tim humas, Taufik dan Alif menyampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada donatur SOLOPEDULI. Khususnya kepada para donatur yang telah memberikan zakat/infaq/sedekahnya kepada mereka.  Mereka juga mohon doa untuk dapat menjalankan amanah yang telah diberikan. 

    Semoga perjalanan pendidikan Taufik dan Alif dapat menjadi pionir yang membuka jalan bagi generasi penerus, yang nantinya juga berkesempatan mendapatkan beasiswa perguruan tinggi ke Mesir. Harapan ini menjadi dorongan agar SOLOPEDULI terus efektif dalam menjalankan komitmennya untuk menyebarkan manfaat yang dirasakan oleh banyak umat.

  • Santri Ponpes Baiturrahmah Berlomba-Lomba Dalam Ujian Kenaikan Juz

    Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli Klaten usai menyelenggarakan dengan sukses Ujian Kenaikan Juz (UKJ) Al-Quran pada hari Sabtu, (27/01/2024). Sebanyak empat santri telah mengikuti ujian tersebut dan berhasil lulus dengan predikat hafalan lancar.

    (dok.humas: Empat santri Ponpes Baiturrahmah ujian kenaikan juz)

    Empat santri yang ikut ujian antara lain adalah Rakha Latif Fairus dengan hafalan Juz 29, Rafiq Hanan dengan hafalan Juz 29, Ilyas Khoirul Azzam dengan hafalan Juz 30, dan Muhammad Miftahul Huda dengan hafalan Juz 2.

    Prestasi yang diraih oleh para santri tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi santri lainnya untuk ikut serta dalam UKJ bulan-bulan kedepannya. Antusiasme santri yang turut menyimak proses ujian juga terlihat luar biasa, menciptakan atmosfer semangat yang menginspirasi untuk saling berlomba-lomba dalam menambah hafalan juz mereka.

    Ustaz Said Ats Tsaqofi, selaku penguji UKJ, memberikan pesan kepada para santri yang ikut ujian agar tetap semangat dalam memperbaiki kualitas hafalan mereka. Ia mengatakan, "Beberapa kesalahan yang umumnya terjadi selama UKJ biasanya itu pada ketelitian dan panjang-pendek bacaan. Semoga, dengan adanya UKJ ini, para santri terus belajar untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an dengan lebih baik."

    (dok.humas: Ustaz Said Ats Tsaqofi selaku penguji UKJ, dan antusiasme santri Ponpes dalam menyimak 4 santri yang tengah melaksanakan UKJ)

    Penyelenggaraan UKJ ini bukan hanya kegiatan rutin setiap bulan di pekan ke-4, melainkan juga upaya untuk melatih kepercayaan diri santri di depan umum. Selain itu, UKJ juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh santri untuk dapat melanjutkan hafalan ke juz berikutnya.

    Ujian ini bertujuan untuk memperkuat fondasi hafalan Al-Qur'an dan meningkatkan kualitas spiritual para santri. Alhamdulillah, semoga kegiatan seperti ini terus memberikan manfaat dan keberkahan bagi pesantren dan para santri di Pondok Pesantren Baiturrahmah Solopeduli.

Hamba Allah

  • Rp 50.000

  • 01 Juli 2024

Bismillah pahlawani novitasari semoga dilancarkan segala hajat dan dilimpahkan segala kesehatan dan rezeki yang berkah dan halal Aamiin

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 14 Juni 2024

Cantia

  • Rp 50.000

  • 06 Juni 2024

Semoga menjadi berkah untuk semua

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 26 April 2024

Udin

  • Rp 50.000

  • 23 April 2024

Semoga bermanfaat dan semoga diizinkan untuk jadi perantara bantuan lagi dengan nominal yang lebih besar

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 09 April 2024

Semoga nantinya menjadi anak anak yg sukses yaa, selalu sebarkan kebahagiaan dan senyum yaa

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 06 April 2024

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 31 Maret 2024

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 19 Maret 2024

Hamba Allah

  • Rp 20.000

  • 16 Maret 2024

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 16 Maret 2024

Daffa Dzaky Alfarizi

  • Rp 200.000

  • 14 Maret 2024

Doa kesembuhan anak daffa dzaky alfarizi dan istri asri isamsiah

Hamba Allah

  • Rp 20.000

  • 08 Maret 2024

Airi Nadia Laura

  • Rp 295.000

  • 31 Januari 2024

Kuntarkiningsih

  • Rp 300.000

  • 31 Januari 2024

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 20 Januari 2024

Hamba Allah

  • Rp 50.000

  • 08 Desember 2023

Fathoni

  • Rp 500.000

  • 24 November 2023

Adhelia Ratna Anandha

  • Rp 20.000

  • 20 September 2023

Hamba Allah

  • Rp 50.000

  • 15 September 2023

Bismillah semoga kita semua sehat selalu

FAHRI

  • Rp 5.000

  • 12 September 2023

Hamba Allah

  • Rp 100.000

  • 01 September 2023

semoga berkah

Solopeduli

  • Rp 1.141.525.829

  • Donasi Offline