PEDULI BENCANA NASIONAL GEMPA SULAWESI BARAT

PEDULI BENCANA NASIONAL GEMPA SULAWESI BARAT

Ribuan Saudara Kita Di Sulawesi Barat Berselimut Duka, Mari Bersama Doakan Nereka, Kuatkan Mereka, Mari Kita Bersama Ringankan Beban Duka Saudara-Saudara Kita.

  • Rp 450.000.000Target
  • SELESAIHari Tersisa
  • Rp 454.298Terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat Gempa Bumi Regional IV Makassar menyebut wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) diguncang gempa bumi sebanyak 31 kali selama 14 - 15 Januari 2021. Yang terkuat terjadi kemarin dengan magnitudo 6,2.

Dilansir dari Antara, Sub Koordinator Pelayanan Jasa BMKG Makassar, Siswanto mengatakan gempa awalan atau foreshock terjadi sebanyak delapan kali.

"Gempa utama (mainshock) dengan magnitudo 6,2 SR dan gempa susulan (aftershock) mencapai 22 kali," kata Sub Koordinator Pelayanan Jasa BMKG Makassar, Siswanto dalam keterangan tertulisnya di Makassar, Sabtu (16/1).

Gempa bumi yang dirasakan mengguncang Kabupaten Majene, Sulbar pada Kamis, 14 Januari pukul 13.35 Wita, dengan kekuatan magnitudo 5,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.
Kejadian gempa yang 10 km agak dangkal dari permukaan laut itu mengakibatkan masyarakat di Kota Parepare, Pinrang bahkan Kota Makassar ikut merasakan getarannya.

Selanjutnya terjadi gempa tektonik yang lebih dahsyat pada pukul 2.28 Wita, 15 Januari 2021 dengan kekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Majene, Mamuju dan Polewali Mandar. Masyarakat merasakan getaran hebat selama 5-7 detik.

Akibat gempa tersebut, korban tewas hingga saat ini 43 orang dan ratusan lainnya terluka. Gempa ini juga mengakibatkan longsor di sejumlah wilayah sehingga tidak sedikit akses jalan tertutup.

Terkait potensi gempa susulan, Siswanto menyebutkan gempa itu bisa saja terjadi karena energi gelombang yang dilepaskan kemungkinan masih akan muncul.

"Bisa saja, karena energi gelombang primer yang dilepaskan kemungkinan masih ada," ujarnya.

(Antara/sur)

 

#SahabatPeduli dapat berpartisipasi untuk program penyediaan kebutuhan mendesak di pengungsian, seperti:
1. Kebutuhan balita & anak (susu, biskuit,dll)
2. Selimut
3. Makanan & minuman siap saji
4. Pakaian

Sahabat, mari kirim doa dan bantuan terbaikmu untuk membantu masyarakat yang mengungsi dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran melalui BCA/Mandiri/BRI/BSM/CIMB Niaga Syariah/BNI Syariah/GOPAY/OVO/DANA/LinkAja/QRIS
4. Transfer sesuai intruksi yang muncul.

Campaign Telah Berakhir
  • Hercules Kemanusiaan Terbang Ke Mamuju

    MAMUJU. SOLOPEDULI - Tim Solopeduli sampai di Kabupaten Mamuju pada Kamis sore (11/2/2020) untuk distribusikan logistik kepada korban gempa Mamuju Sulawesi Utara beberapa waktu lalu.

    Dimas selaku tim Solopeduli yang berada di Mamuju menyampaikan Untuk sampai ke Lokasi pendistribusian harus melewati medan yang terjal, mobil penumpang hampir tidak bisa naik ke titik lokasi dan sangat sulit jika dijangkau dengan akomodasi biasa.

    Aksi penyaluran pertama berada di tempat yang dampak gempa terparah, ada sekitar 42 paket di distribusikan di Dusun Tapaka Desa Lombang Kec. Malunda Kabupaten Mamuju.
    Di Desa Lombang ada dan dua dusun lainnya mengalami kekeringan yakni dusun Butulala ku dan Baruangi dengan jumlah 70 KK. Terang Dimas

    Hasil reportasi yang di lakukan oleh Dimas, "Mayoritas rumah warga yang terbuat dari batu bata hancur, dan ada satu masjid juga hancur.
    Warga sangat berharap ada bantuan untuk pembangunan masjid karna kondisi masjid begitu parah"

    Selain di Desa Lombang Tim Solopeduli juga akan mendistribusikan ke daerah lain yang terdampak pada Sabtu (13/2/2020). Tambah Dimas

     

Fitri Nur Janah

  • Rp 30.871

  • 12 Februari 2021

Haninda Anne Moss

  • Rp 100.870

  • 12 Februari 2021

Nurul Masruroh

  • Rp 100.862

  • 05 Februari 2021

Semoga bermanfaat

Hamba Allah

  • Rp 100.853

  • 28 Januari 2021

Hamba Allah

  • Rp 120.842

  • 20 Januari 2021

Semoga bermanfaat aamiin