Siaga Bencana Nasional

Siaga Bencana Nasional

Kuatkan saudara Kita Melewati bencana alam ini

  • Rp 100.000.000Target
  • 30Hari Tersisa
  • Rp 700.000Terkumpul
Donasi Sekarang
Dipublikasi pada tanggal : 5 Nov 2021

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat mulai melakukan persiapan menghadapi peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Ia meminta agar masyarakat bisa mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi saat musim penghujan.

Beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan, Adapun di Laut Jawa di bulan Oktober ini, kemungkinan angin kencang dan gelombang laut tinggi antara 40-80%

Berikut beberapa kejadian bencana di berbagai daerah selama periode Bulan November 2021 yang bersumber dari website BNPB

1. Meluapnya sungai Pawan mengakibatkan banjir yang berdampak ke tiga belas desa di tiga kecamatan di Kab. Ketapang, pada Senin (1/11). Banjir tersebut juga membuat 911 KK / 2.889 jiwa dan 911 unit rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) dikisaran 20 – 50 centimeter.

2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat banjir setinggi 50-100 sentimeter pada Senin (1/11) pukul 05.00 WIB merendam sedikitnya 26 unit rumah yang ditinggali 26 KK di Desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung. Selain itu satu gedung sekolah juga terdampak

3. Banjir yang terjadi pada Senin lalu (1/11) masih merendam beberapa wilayah di bagian hilir Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatra Selatan. Banjir berdampak pada 980 KK serta kerugian material pada 632 unit rumah. Ketinggian banjir yang berkisar pada 60 hingga 100 cm itu juga merusakkan 2 unit jembatan.

4. Hujan deras yang mengguyur pada Selasa lalu (2/11) menjadi salah satu pemicu banjir dan longsor di wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. BPBD setempat menginformasikan sebanyak 22 unit rumah warga terdampak banjir tersebut. Jumlah populasi terdampak di wilayah itu sebanyak 92 jiwa. Masih di Kampung Ciruwuk, tanah longsor menyebabkan 2 rumah warga rusak ringan. Kejadian ini menyebabkan 3 KK atau 10 jiwa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Terakhir, banjir bandang menerjang Kota Batu di Jawa Timur, setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis (4/11), pada pukul 14.00 WIB.

Sahabat, tidak menutup kemungkinan bencana-bencana akan terjadi di daerah lain, mengingat curah hujan yang terus meningkat.

Bersama SOLOPEDULI kita Siaga Bencana untuk membantu saudara kita yang terkena dan terdampak bencana di Indonesia, terlebih di Jawa Tengah.

Sahabat peduli, dengan menyisikan sedikit harta kita, sudah bisa membuat saudara-saudara kita yang saat ini sedang dalam duka kehilangan harta bendanya tersenyum kembali.

Cara Berdonasi :
1. Klink Tombol DONASI SEKARANG
2. Isi Form Donasi
3. Lakukan Pembayaran

Mohon bantu share halaman ini, agar lebih banyak orang tergerak untuk saling membantu.

*Note: Berita terbaru mengenai campaign ini dapat dilihat di tab "UPDATE".

Donasi Sekarang

Solopeduli

  • Rp 700.000

  • Donasi Offline