Konten Islami

Cara Bangun Tidur Yang Benar - Mari kita simak cara bangun tidur yang benar. Di dalam hadist dijelaskan bahwa:

“Setan melilit leher seseorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan, “Nikmatilah malam yang panjang ini”. Apabila ia bangun dan mengingat Allah, maka lepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan kedua. Kemudian apabila ia shalat, lepaslah lilitan ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak (dilakukan), ia akan terbawa lamban dan malas ” (HR Bukhari – Muslim)

Maka dari itu, untuk dapat melepaskan ketiga lilitan setan tersebut, dianjurkan cara bangun yang benar, seperti berikut :

1. Ingatlah Allah saat mendengar Alarm (baca doa bangun tidur)

Tahap pertama ini akan melepas belenggu lilitan setan yang pertama. Karena lilitan setan telah berkurang satu, maka beban kita menjadi lebih ringan. Hal ini akan mempermudah untuk melakukan tahap kedua. Inilah bukti kemurahan sang Maha Pemurah, karena untuk mengawali penanganan lilitan setan cukup dengan mengingat Allah.

2. Berwudhu adalah hidroteraphy yang dahsyat. 

Ribuan syaraf penting diteraphy dengan sentuhan tangan dan rangsangan air segar pada saat kita berwudhu. Inilah saat melepas belenggu lilitan setan yang kedua! Dengan telah berkurangnya dua lilitan, maka kitapun akan lebih bersemangat untuk melakukan tahap ketiga. 

3. Shalatlah dua rakaat, maka lepaslah semua belenggu lilitan setan.

Kata Nabi: "...kemudian apabila ia shalat, lepaslah lilitan ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak (dilakukan), ia akan terbawa lamban dan malas” (HR Bukhari – Muslim).

3 Tips di atas dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad saw, Insya Allah, setelah  3 hal tersebut dilakukan badan kita menjadi lebih segar, semangat dan siap menjalankan setiap aktifitas yang akan kita lakukan.

Amiinn..



Sumber : halomuslim