Konten Islami

 

Cara Mendidik Anak Tanggung Jawab - MENDIDIK tanggung jawab terhadap anak harus di tanamkan sejak usia dini. Karena, kita sebagai orang tua tentunya tidak mau anak yang kita sayang tidak bisa bertanggung jawab atas hal apapun.

 

 

Tanggung jawab adalah suatu yang dikerjakan oleh kita, memang tanggung jawab itu berat. Tetapi, kita harus bertanggung jawab atas perlakuan hal tersebut. Tanggung jawab ini harus benar-benar kita ajarkan kepada anak. Agar anak terbiasa melakukan hal yang merupakan tanggung jawab dia sendiri.

 

Untuk dapat mengajari anak tanggung jawab secara lebih efektif dan efisien kepada anak, kita dapat melakukan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan memberi pengertian pada anak apa itu sebenarnya tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sikap di mana kita harus bersedia menerima akibat dari apa yang telah kita perbuat. Selain itu, tanggung jawab juga merupakan sikap di mana kita harus konsekuen dengan apa yang telah dipercayakan pada kita. Kita dapat menyampaikan pengertian-pengertian tersebut dengan bahasa yang sekiranya dimengerti oleh anak-anak kita.Selain itu, pengertian-pengertian tersebut akan lebih mudah dipahami okeh anak-anak kita jika disertai dengan contoh atau praktik langsung.

 

Mengajarkan anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab sebenarnya adalah melatih anak-anak kita untuk menjadi orang baik. Kesalahan bukan hanya dilakukan terhadap diri sendiri, namun juga atas diri orang lain. Kesalahan harus diakui dan diselesaikan bukan ditinggalkan dan tidak diakui. Orang baik adalah orang yang mengakui kesalahan dan berusaha memperbaiki diri untuk tidak melakukan kesalahan serupa.

 

Sumber: Bidanku dan Islampos