Konten Islami

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di bulan Ramadan, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

“Hai anak Adam, berinfaklah untukku, maka Aku akan berinfak untukmu.” Demikian sebuah hadis menjelaskan keutaaman dari sedekah.

Sedekah adalah sumber kekayaan. Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi dermawan. Selain itu, kedermawanan juga merupakan sifat Allah SWT. Hal ini sebagaimana diiinformasikan dalam hadis.

إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Namun demikian, sedekah yang paling afdal adalah sedekah di bulan Ramadhan Karena itu, umat Islam dianjurkan berlomba-lomba mengeluarkan zakat dan sedekah di bulan ini. Misalnya, zakat maal dikeluarkan di bulan Ramadan sangat baik sekali. Selain itu, ada juga zakat fitrah yang dikeluarkan sebelum Idul Fitri.

Pelit dan kikir bukanlah sifat umat muslim. Selain itu, Allah lebih menyukai orang yang suka memberi dibandingkan dengan yang suka meminta-minta. Hal ini sesuai dengan hadis.

اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang di bawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

Sebuah hadis sahih menyebut:

وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ

“Dan sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Maksudnya di sini, sedekah adalah bukti benarnya keimanan seseorang. Seseorang yang mengeluarkan sedekah berarti dia merasa yakin akan kebenaran janji Allah SWT bahwa terdapat pahala untuk orang yang bersedekah. Hal ini juga menunjukkan iman seseorang bahwa dia pasrah atas rizki yang digariskan oleh Allah SWT.

Sedekah yang paling utama adalah memberi makan dan minum orang lain. Pahala yang paling besar adalah membuka puasakan orang lain. Karena itu, berlomba-lombalah dalam meraih pahala membukapuasakan orang lain, meski hanya dengan segelas air. Sebab, pahala orang yang memberi makan dan minum orang berpuasa, sama seperti dengan berpuasa seharian.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar Bersedekah. Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan  orang-orang yang bersedekah. Ibnu Hajar Al Haitami mengumpulkan ratusan hadits mengenai keutamaan sedekah dalam sebuah kitab yang berjudul Al Inaafah Fimaa Ja’a Fis Shadaqah Wad Dhiyaafah, meskipun hampir sebagiannya perlu dicek keshahihannya. Banyak keutamaan ini seakan-akan seluruh kebaikan terkumpul dalam satu amalan ini, yaitu sedekah. Maka, sungguh mengherankan bagi orang-orang yang mengetahui dalil-dalil tersebut dan ia tidak terpanggil hatinya serta tidak tergerak tangannya untuk banyak bersedekah.

Berikut 12 keutamaan sedekah :

1.Sedekah dapat menghapuskan dosa

2.Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir

3.Sedekah memberi keberkahan pada harta

4.Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah

5.Terdapat pintu surga yang hanya dapat dapat dimasuki bagi orang-orang yang bersedekah

6.Sedekah menjadi bukti keimanan seseorang

7.Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual beli

8.Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia.

9.Pahala sedekah terus berkembang

10.Boleh iri terhadap orang yang dermawan bersedekah

11.Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur

12.Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

 

Sumber:

Dari berbagai sumber