Konten Islami

Ramadhan telah tinggal beberapa hari lagi. Pada malam Lailatul Qadar, ada berbagai amalan ibadah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dzikir dan berdoa. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Pada malam Lalilatul Qadar, semua amal dan ibadah akan dilipatkan pahalanya, bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan.

Malam yang mulia ini datang pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Meski tidak ada yang tahu kapan pasti datangnya malam Lailatul Qadar, umat muslim berlomba untuk mendapatkan keutamaanya dengan banyak mengamalkan amalan sunnah. Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar adalah dzikir.

Dzikir adalah salah satu amalan sunnah yang mudah dilakukan dan memiliki berbagai keutamaan bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang keutamaan berdzikir. Salah satu perintah berdzikir yang terdapat dalam Al-Quran adalah sebagai berikut:

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا

“Dan sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan sepenuh hati.” (QS. Al-Muzzammil: 8)

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

“Maka ingatlah kepada-Ku niscaya Aku akan ingat kepadamu” (QS. Al-Baqarah, 2: 152)

وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ

“Dan sungguh dzikir kepada Allah adalah lebih besar (pahala dan manfaatnya)”. (QS. Al-Ankabut, 29: 45)

Di malam Lailatul Qadar, sebenarnya tidak ada dzikir khusus yang diajarkan untuk diamalkan. Akan tetapi, kita bisa melaksanakan ibadah dzikir untuk mendapatkan pahala dan ampunan, karena pada dasarnya semua dzikir baik untuk diamalkan.

Selain membaca doa dan dzikir, ada berbagai amalan yang bisa dilakukan di malam Lailatul Qadar untuk mendapatkan pahala dan ampunan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut berbagai amalan yang yang bisa dilakukan saat malam Lailatul Qadar.

1. Bangun di Malam Hari

Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang melakukan shalat Isya’ berjamaah, seolah-olah ia berqiyam (bangun malam) di separuh malam. Dan barang siapa yang shalat shubuh berjamaah, seolah-olah ia melakukan di sepanjang malam tersebut.” (HR. Ahmad Muslim).

2. Meningkatkan Ibadah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan berbagai amal ibadah secarayakin dan percaya kepada pahala yang disediakan Allah dan dengan secara ikhlas, maka Allah akan mengampunkan segala dosanya yang telah lalu.”

Ibadah yang perlu ditingkatkan antara lain mengerjakan sholat lima waktu berjamaah, mendirikan Qiyamul Lail (shalat terawih, tahajjud, dll), membaca Al Quran sebanyak-banyaknya, membaca dzikir, istighfar dan berdoa serta mengerjakan amalan lainnya. Ibadah hendaknya dilakukan secara khusyuk dan bersungguh-sungguh.

3. Itikaf di Masjid

Beriktikaf di masjid juga merupakan cara mendapatkan malam penuh berkah.

Abu Said menceritakan tentang Itikaf Rasulullah di masjid yang ketika itu berlantaikan tanah dan tergenang air.

“Aku melihat pada kening Rasulullah ada bekas lumpur pada pagi hari Ramadhan.” [HR Muslim]

4. Bermujahadah Dalam Ibadah

Untuk mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar adalah dengan bermujahadah dalam ibadah kepada Allah SWT.

”Sungguh, Rasul tercinta pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, lebih bermujahadah melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.” [(HR Muslim].

Bermujahadah disini seperti berpuasa dengan tanpa melakukan maksiat, membaca Alquran dengan pemahaman dan penghayatan dan menunaikan shalat tarawih.

5. Berdoa dengan Sungguh

Berdoa dengan sungguh-sungguh, yakin penuh harap bahwa Allah Allah akan mengampuni dosa kita dan mengabulkan doa yang kita panjatkan.

“Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.” [HR Tirmidzi]

Sumber : Dari berbagai sumber