Konten Islami

Mengenalkan puasa ramadhan pada anak sejak dini, tak ada salahnya, Moms. Walaupun mereka belum diwajibkan untuk mengerjakannya, tetapi dengan mengenalnya, diharapkan ia bisa mengamalkannya ketika dewasa nanti. Meski begitu, pastikan saja Anda mengajarkannya secara bertahap, agar anak tidak kaget.

Tak hanya soal menahan lapar dan haus dari terbit hingga tenggelamnya matahari, Anda juga harus mengajarkan anak bahwa banyak nilai yang bisa dipelajari si kecil di bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, seluruh umat Muslim disarankan untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan.

10 hal yang bisa Anda ceritakan pada si kecil tentang Ramadhan, Moms.

1. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam tahun Islam

Mungkin beberapa anak belum mengetahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender hijriah atau kalender Islam. Dengan memberitahukannya tentang ini, Anda mungkin secara tidak langsung juga mengenalkan bulan-bulan lain dalam kalender Islam. Mulai dari bulan pertama hingga bulan ke-12.

2. Makna puasa

Puasa adalah salah satu amalan terpenting dalam Ramadhan. Anda bisa bercerita bahwa puasa adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh orang yang sudah dewasa dan sehat. Sehingga, jika si kecil sudah balig, mereka tidak boleh melewatkannya. Ketika berpuasa, seseorang harus menahan diri dari makan dan minum sejak terbit matahari hingga terbenam.

Selain itu, puasa juga tentang menahan emosi dan menahan diri melakukan sesuatu yang buruk. Cobalah katakan pada si kecil, bila ia mengerjakan sesuatu yang baik maka Allah akan menyukainya, dan ia akan diberikan pahala yang berlimpah.

3. Turunnya Al-Quran

Ya Moms, Anda bisa menceritakan kepada anak tentang bagaimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu berupa Al-Quran di bulan Ramadhan. Selain itu, ketika kita membaca Al-Quran di bulan ini, maka pahalanya pun akan berlipat ganda.

4. Pahala meningkat 70 persen

Beri tahu anak bahwa segala bentuk ibadah dan perbuatan baikakan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah di bulan Ramadhan. Mulai dari salat, puasa, membaca Al-Quran, berdoa, berzikir, dan segala bentuk perbuatan baik lainnya akan dinaikkan pahalanya hingga 70 persen. Itulah sebabnya, bulan ini sering disebut sebagai bulan penuh berkah.

5. Lailatul Qadr

Di bulan Ramadhan, ada satu malam yang lebih baik dari malam 1000 bulan, yakni Lailatur Qadr. Cobalah ceritakan tentang malam itu dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami si kecil. Misalnya saja, bila seseorang berdoa pada malam ini, niscaya dia akan diberikan kebaikan dan diampuni dosanya serta diberikan kemudahan ketika di akhirat nanti.

Ilustrasi ibu dan anak membaca Al-Qur'an Foto: Shutterstock

6. Idul Fitri

Idul Fitri bukan hanya soal kue lebaran dan pakaian baru. Ya Moms, katakan pada anak, bahwa Idul Fitri adalah tentang silaturahmi dan saling bermaafan. Itulah kenapa, saat momen Idul Fitri, Anda dan keluarga biasanya saling mengunjungi satu sama lain.

7. Lailatul Jaiza

Pernahkah Anda mendengar tentang Lailatul Jaiza? Jadi malam ini adalah malam sebelum idul fitri tiba. Malam ini juga disebut atau dikenal sebagai Malam Penghargaan.

8. Bulan sabit

Mungkin sebagian besar anak-anak belum memahami mengapa banyak orang yang menentukan bulan Ramadhan dari melihat bulan. Jelaskan padanya bahwa untuk menentukan pergantian bulan, orang-orang harus memastikan bahwa terlihat bulan sabit di atas langit. Itulah tanda sudah bergantinya bulan yang baru.

9. Anak-anak tidak wajib berpuasa

Setelah mendengar berbagai cerita baik tentang bulan Ramadhan, si kecil mungkin semakin tertarik untuk mengikuti puasa. Akan sangat baik bila ia mulai belajar berpuasa, Moms. Meski begitu, Anda juga perlu memberi tahu si kecil, bahwa anak-anak sebenarnya belum wajib berpuasa. Sehingga, bila di tengah-tengah puasa si kecil merasa tidak kuat, ia bisa memberi tahu Anda untuk berbuka. Tapi, bila kelak ia sudah balig dan dewasa, maka mereka wajib menjalankan puasa sebulan penuh. Bila tidak, akan berdosa.            

10. Pentingnya berbagi saat Ramadhan

Sejak dini, anak-anak harus diajarkan bahwa berbagi dengan orang lain adalah salah satu amalan yang sangat baik. Terutama jika kita adalah salah satu orang yang diberikan kecukupan harta oleh Allah. Ketika Ramadhan ini, ajaklah anak untuk berdonasi, terlebih di masa pandemi corona ini, banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan.

..

Sumber: dari berbagai sumber