Berita Terbaru

SOLOPEDULI.ORG - Mari kita maknai hari kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk mengingat kembali sejarah dan perjuangan para pahlawan.kita. Sebagai generasi yang tidak merasakan pahit dan beratnya beban para pejuang harus dapat melanjutkan semangat pengorbanan dan rasa nasionalisme pada bangsa Indonesia.

Dalam konteks peran lembaga zakat, makna merdeka yaitu hendaknya terus menerus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang urgensi sikap dalam meraih kebahagiaan hidup dunia akhirat, kesadaran berzakat, berinfaq, bershadaqah, dan berwakaf memerlukan penguatan dan penaatan dalam pengelolaannya agar mencapai hasil yang diharapkan, yaitu berdampak terhadap kehidupan masyarakat luas.

Setidaknya ada dua sikap yang bisa menjadi kunci makna merdeka, yaitu 1 (satu) sikap mandiri, mandiri merupakan perilaku dan mental yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, benar, dan bermanfaat; berusaha melakukan segala sesuatu dengan jujur dan benar atas dorongan dirinya sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya, sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya; serta bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambilnya melalui berbagai pertimbangan sebelumnya.
Yang ke 2 (dua) makna Peduli merupakan sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya.

Momentum di bulan Agustus yang tak kalah istimewa adalah bertepatan dengan hari Raya Idul Adha, berqurban pun memberikan hikmah kemandirian dan kepedulian sosial