Berita Terbaru

Bencana alam yang terjadi berturut-turut di akhir tahun 2018 telah membukakan hati kita semua bahwa semua yang ada di dunia ini, bahwa diri kita, keluarga kita, dan harta kita adalah titipan dari Allah Swt yang harus digunakan secara amanah.

Seringkali kita sebagai hamba merasa memiliki apa-apa yang dititipkan Allah, padahal titipan iti suatu hari akan diambil oleh yang punya.

 

Bencana alam juga telah mengetuk hati nurani kita untuk membantu saudara-saudara kita yang menderita dan berduka. Mereka yang terkena bencana adalah saudara kita, saudara sebangsa dan mereka adalah sesama kita, sama-sama manusia yang saling membutuhkan dan saling bergantung. 

 

Bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember lalu menyebabkan 430 orang meninggal dunia, 1.495 orang luka-luka, dan 21.9991 orang mengungsi (sumber:Detik.com,  27/12)

 

Mereka yang terluka, mengungsi dan kehilangan rumah serta harta benda dalam waktu yang sangat singkat telah menimbulkan permasalahan baru berupa kemiskinan. Zakat dan sedekah menjadi salah satu solusi untuk meringankan penderitaan dan membantu meringankan beban hidup, membangkitkan dan memandirikan ekonomi para korban bencana alam.

 

SOLOPEDULI telah menerjunkan relawan untuk proses evakuasi para korban dan menyalurkan bantuan logistik ke 4 desa di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sejak 24 Desember lalu. Relawan beserta barang bantuan yang diperoleh dari zakat dan sedekah para muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) telah disalurkan ke 4 wilayah yang terisolasi bantuan paska bencana.

 

“Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu” (Q.S. Asy Syam : 9).

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (Q.S. At Taubah : 103)

 

Perintah mengeluarkan zakat dan sedekah sama kewajibannya dengan perintah menegakkan salat, menunaikan puasa di bulan Ramadan dan menunaikan haji bagi yang mampu. Dari masa ke masa zakat dan sedekah telah terbukti menuntaskan permasalahan umat. Zakat adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Zakat dan sedekah adalah panggilan bagi orang-orang yang beriman. Maka, mari kita tunaikan kewajiban zakat dan keluarkan sedekah kita bagi mereka yang membutuhkan dan mereka yang terkena bencana alam.