Milad 23 Tahun Solo Peduli: Nyawiji Migunani

Berangkat dari gagasan luar biasa para pendirinya, Solo Peduli kini tumbuh dan meraksasa dengan segala kebermanfaatan yang dihadirkannya. Tepat hari ini, 11 Oktober 2022, Solo Peduli memasuki usia ke-23 tahun. Bertambahnya usia ini menjadi motivasi tersendiri untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara. Pada milad ke-23 kali ini, Solo Peduli mengangkat tema "nyawiji migunani" yang diambil dari Bahasa Jawa yang berarti, bersama bermanfaat. Solo Peduli menyisipkan harapan dan ajakan bagi semua elemen masyarakat untuk menyatukan langkah, bersama dalam kolaborasi kebaikan yang menghadirkan banyak manfaat, pada tema tersebut. Hal tersebut sejalan dengan amanat visi dan misi lembaga yaitu menjadi lembaga sosial percontohan dalam memberdayakan dan memandirikan ummat.

Milad Solo Peduli ke-23 diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan sepanjang bulan Oktober 2022, diantaranya: lomba reels challenge, lomba parikan, give away, tasyakuran milad, pembuatan sumur bor, serta pengobatan dan USG gratis. Pada kegiatan pengobatan dan USG gratis tersebut, sekaligus diselenggarakan launching Poli Gigi sebagai penambahan layanan di Klinik Gratis, yang merupakan salah satu program unggulan Solo Peduli di antara program "Dari Lahir Hingga Tutup Usia" lainnya (sekolah gratis, pesantren gratis, ambulan gratis, program pemberdayaan ekonomi, program peduli lingkungan, dan lain-lain) yang telah diwujudkan Solo Peduli.

Menjadi inisiator dan fasilitator kebaikan, tentu saja membutuhkan kepercayaan dari stakeholder; masyarakat donatur, mitra, pemerintahan. Maka dalam menjalankan programnya, Solo Peduli selalu berpegang teguh pada manajemen mutu lembaga. Beberapa ikhtiar untuk memenuhi hal tersebut, telah Solo Peduli lakukan, bahkan berbuah prestasi.

Pertama, melaksanakan audit kelembagaan. Maka sejak tahun 2019 Solo Peduli mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dari SZUTEST. Pada Tasyakuran Milad ke-23 kali ini, 11 Oktober 2022, Solo Peduli menerima sertifikat ISO 9001: 2015 dari MSF SISCERT, sebagai bentuk pembaharuan atau resertifikasi manajemen mutu lembaga.

Kedua, melaksanakan audit keuangan, dimana Solo Peduli mendapatkan hasil wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak 13 kali berturut-turut sejak tahun 2009 s.d 2022. Ketiga, memastikan SDM-SDMnya kompeten, dengan melaksanakan sertifikasi amil. Saat ini Solo Peduli memiliki 30 Amil tersertifikasi, 1 diantaranya dengan status Amil Ahli.

Ketiga hal tersebut merupakan indikator dari profesionalisme kerja sebuah Lembaga Amil Zakat karena berkaitan dengan standar kinerja, yang secara otomatis akan mendukung performa lembaga berupa capaian dan prestasi nyata.

Adapun beberapa prestasi yang diraih Solo Peduli pada Oktober 2021 hingga Oktober 2022 diantaranya: telah memberikan manfaat bagi 439.502 penerima manfaat, meraih award sebagai LAZ dengan Indeks Zakat Nasional dengan predikat SANGAT BAIK, Pemenang di 2 kategori Baznas Award 2022 yakni LAZ Provinsi dengan Pendistribusian ZIS dan Kelembagaan Terbaik, Pemenang Fundraising Award 2021 di bidang fundraising program kesehatan terbaik.

Dalam sambutannya, pada acara Tasyakuran Milad ke-23, Sidik Anshori, S.Sos.I, menyampaikan harapannya bagi Solo Peduli di tahun mendatang. "Semoga di usia ke-23 tahun ini, Solo Peduli makin dewasa dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan, secara kelembagaan harus lebih maju dan professional, mewujudkan program-program pemberdayaan yang mampu melibatkan banyak orang yang akhirnya bisa termandirikan secara ekonomi. Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak, khususnya donatur, mitra dan penerima manfaat program Solo Peduli. Semoga dengan bertambahnya usia ini, bertambah pula kebermanfaatan yang kami hadirkan untuk ummat," tutur beliau.(*)